Pages

6.28.2013

SCTV Goes To Campus Institut Manajemen Telkom



Bandung(14/5), SCTV Goes To Campus hari ke-2 telah selesai diselenggarakan di kampus Institut Manajemen Telkom.  Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa 14 Mei 2013 ini dihadiri oleh sejumlah orang orang penting diantaranya : Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, LC; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar, Dr. Dudi Sudradjat Abdurahim, MT; Pimpinan Redaksi Pikiran Rakyat, Drs. Budhiana Kartawijaya; Pimpinan Redaksi SCTV, Nurjaman Mochtar; Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Ciamis, Anjar Asmara, S.Sos, SH; Dirut FOKUSjabar.com, Nandiya Pritagisty; Manager News Support Facilities, Merdi Sofwansyah; dan dihadiri pula oleh Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Ir. Johni Girsang, M.Sc dan Rektor IM Telkom, Dr. Ir. Husni Amani, MM., M.Sc
Acara yang berlangsung sejak jam 9 pagi ini, diawali dengan pengumuman 10 finalis lomba presenter dari 100 peserta lomba yang sudah diseleksi di hari sebelumnya. Dari ke-10 finalis ini harus penyampaian laporan secara langsung didepan kamera dengan topik yang berbeda setiap finalisnya, untuk ditentukan 3 besar sebagai pemenang oleh dewan juri yang diketuai Jeremi Teti.
Sebelum menentukan juara lomba presenter, acara ini juga diisi dengan workshop mengenai “Konvergensi Media Menuju Era Digital”, dengan pembicara Bapak Nurjaman selaku Ketua Jurnalis Liputan 6 dan Bapak Hadi Purnama, M.Si sebagai dosen IM Telkom. Dalam workshop tersebut, Bapak Nurjaman menyampaikan materi dan durasi harus disesuaikan. “Memanjangkan yang pendek dan memendekan yang panjang”
Selain itu beliau juga menyebutkan 3 tugas pokok seorang broadcaster, yaitu menyerdehanakan yang sulit, jangan biarkan penonton berpikir lebih dari satu kali, dan membuat hal yang tidak menarik menjadi menarik. Beliau berpendapat bahwa semua orang dapat menjadi seorang broadcaster, “content adalah kreativitas, siapa yang punya itu dan kreativ akan menjadi raja”
Sementara Baka Hadi Purnama menjelaskan bahwa kunci konvergensi system digital adalah seluruh bentuk informasi data diubah dari format analog menjadi format digital. Dari keseluruhan materi yang disampaikan, beliau menyimpulkan, “konvergensi media sebagai momentum dilihat dari peluangnya bagi masyarakat. Semua itu untuk mengantisipasi masaslah yang muncul dari konvergensi media”
Setelah workshop selesai, dilanjutkan dengan pengumuman juara “citizen journalism” yang diraih oleh Winda, Desy, Wilda sebagai juara 3,  Primayanti, Dena, Amanda sebagai juara 2, sementara kelompok Annisa Aulia Fathin sebagai juara 1.
Selain pengumanan lomba “citizen journalism”, Jeremi Teti juga mengumumkan pemenang lomba presenter yang diraih oleh, Novia Sari Purnama (IM Telkom) sebagai juara 3, Niken Putu Randani (President University) sebagai juara 2 dan Rizki Rahmadani (UIN Bandung) sebagai juara 1. Pengumuman tersebut disiarkan langsung oleh Liputan6 Siang.

0 comments:

Post a Comment